Jumat, 15 Juli 2011

Cara Membuat Equation pada word office




Menambah shorcut equation di toolbar
Jika anda ingin mengetik rumus matematika yang kompleks, maka anda
bisa menggunakan fasilitas equation editor yang disediakan oleh Word.
Untuk mengaktikannya lakukan langkah berikut:
1. Pada menubar pilih Tools => Customize
2. Pada kotak dialog Customize
Di bagian Categories pilih Insert
Di bagian Commands pilih Equation Editor, klik dan drag icon equation
editor ke toolbar
3. Tampilan tombol equation
editor pada Toolbar
4. Klik tombol equation editor
tersebut
Jika equation editor belum terinstal maka akan muncul kotak dialog
berikut Klik tombol Yes untuk
menginstal equation editor, masukkan cd installer microsoft office ke cd
room, atau jika dalam hardisk anda ada installer Microsoft Office,
arahkan ke direktori tersebut Tunggu hingga proses instalasi selesai.
5. Jika instalasi sukses, maka pada saat anda menekan tombol
equationeditor yang ada di toolbar, maka akan muncul tampilan editor
untuk membuat equation

Membuat Equation
Pada bagian ini kita akan mencoba membuat sebuah teks dalam bentuk rumus. Anda bisa
memanfaatkan eqution editor untuk mengetik atau menulis rumus di microsoft word.
Catatan:
Jika equation editor belum muncul di word anda, maka anda harus menginstal ke
komputer anda.
Untuk ketik atau tulis rumus di microsoft word, bisa lakukan prosedur berikut.
1. Pada toolbar klik tombol equation editor, setelah muncul kotak dialog berikut:
Pilih bentuk (pola) pembagian
2. Akan tampak seperti di bawah ini
Klik bagian atas (pembilang)
3. ketik x-x1
4. klik bagian bawah (penyebut)
ketik x1-x2

5. Klik tanda sama dengan
pilih simbol alpha

6. Pilih pola atau bentuk pembagian

7. Ketik y-y1

8. Klik bagian bawahnya, pada bagian bawahnya ketik y1-y2
9. Klik di luar kotak equation editor, untuk keluar
dari equation editor
Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini



Cara buat password (proteksi) file dokumen word
Buat teman-teman yang masih pemula. Terkadang kita perlu memproteksi file (dokumen)
word kita untuk menjaga agar file tersebut tidak diubah oleh orang lain. Secara default
kita dapat memanfaatkan fasilitas proteksi dokumen yang telah disediakan oleh Microsoft
Word.
Berikut cara membuat password file word:
1. Buka dokumen word yang akan diproteksi
2. Pada menu bar pilih Tools => Options..

3. Pada kotak dialog Options, pilih tab Security
a. Pada bagian password to open (masukkan password yang diinginkan)
b. Pada bagian password to modify (bisa diabaikan/dikosongkan jika anda tidak perlu
memasukkan password pada saat akan melakukan modifikasi/ pengeditan)
c. Klik OK
4. Masukkan password yang telah diketik
pada point 3

5. Pada menu bar pilih File => save ( save as ) untuk menyimpan file
6. Jika anda ingin memuka file tersebut anda harus memasukkan password, kotak dialog
akan tampak

Tidak ada komentar: